Rabu, Juni 26, 2019

VSD CSG & Tekstur

Disusun Oleh :
  1. Ayi Imani - 51416229
  2. Dea Chintia Putri - 51416740
  3. Fathiyah Hilyah Amany - 52416690
  4. Rahmaditha Prabandari - 55416990  
Kelas 3IA01

Pembuatan Objek


A.    Tutorial Pembuatan Paku


Hapus objek awal dan tambahkan sebuah objek tabung.


Scale tabung dan lock dengan sumbu z untuk memipihkan tabung seperti gambar di atas.

Tambakan sisi inset pada bagian bawah tabung dengan menggunakan shortcut I.


Lalu pilih bagian sisi lingkaran hasil inset dan lakukan extrude memanjang ke bawah. Lakukan extrude untuk kedua kalinya untuk membetuk ujung paku. Perkecil ukuran lingkaran ujung paku sehingga paku terlihat lancip.

Tampilan bentuk paku akan menjadi seperti gambar di atas.


Pilih shading ‘Smooth’ agar permukaan paku terlihat lebih halus.


A.    Membuat Meja

Pertama – tama kita buat meja dari objek Mesh, Cube.
Kita buat lebarnya jadi setipis ini. Tambahkan panjangnya sebesar seperti gambar diatas.

Kita fokus ke kamera bawah dan beri garis seperti ini.

Kita panjangkan ke-4 sisinya dan jadilah seperti ini.

Kita buat garis pemisah untuk menjadi patokan cermin tembus pandang.

Selanjutnya kita panjangin bagian sisi face dari sisi tertentu seperti diatas.

Pada bagian laci pertama kita buat garis yang akan menjadi sisi yang akan ditarik.

Lalu kita majuin seperti gambar diatas.

Karena tadi kita kelebihan faces. Kita hapus beberapa dan jadilah seperti diatas.

Selanjutnya kita bikin laci kedua dengan kotak selebar seperti diatas.

Lalu kita tarik dan buat sepanjang itu.

Jangan lupa kita bolongin atasnya dengan me-render dan juga hasil akan jadi seperti ini.

A.   Membuat Bangku


Pada layer kedua kita buat kursi dengan memanggil objek Mesh, lalu Cube.

Kita bagi sisi tersebut dengan menambahkan 2 sisi garis pada vertikan dan horizontal.

Selanjutnya kita pilih ke-4 sisi bawah dan kita panjangkan seperti gambar diatas.

Lalu kita fokus kamera ke objek atas dan panjangkan dua sisi dibelakang seperti ini.

Pada 2 sisi tersebut kita buat garis tengah di keduanya.

Lalu pada sisi kiri kanan yang ada di pertengahannya kita bolongin.

Sesudah dibolongin kita satukan menjadi gambar diatas.

VISIBLE SURFACE DETERMINATION (VSD)


Tampak depan



Tampak belakang


CONSTRUTIVE SOLID GEOMETRY (CSG)


Tampak Objek



Tampak Wireframe

TEXTURE


Pada Paku



Pada Meja




Pada Kursi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar